Kenali Gejala Penyakit Fatty Liver Yang Berbahaya Sejak Dini

advertisement
Gejala Penyakit Fatty Liver

Gejala Penyakit Fatty Liver

Gejala penyakit fatty liver seringkali tidak disadari oleh penderitanya. Mereka seringnya mengetahui karena check up bersama penyakit lain yang dirasakan, baru mereka mengetahui kalau terkena penyakit fatty liver. Mengenal penyakit ini sejak dini sangat perlu dilakukan agar dapat terhindar dari penyakit fatty liver. Tindakan dan penanganan bisa segera dilakukan jika gejala bisa diidentifikasi dan ditangani sedini mungkin.

Jenis Fatty Liver

Terdapat 2 jenis fatty liver yaitu:

  1. Steatosisi (perlemakan hati saja) dan steatohepatitis (perlemakan hati yang disertai dengan peradangan sel hati)
  2. Steatohepatitis terdapat 2 macam yaitu, Alcoholic steatohepatitis yang terjadi karena terlalu banyak mengkonsumsi alkohol (meminum alkohol lebih 300 ml per minggu). Serta Nonalocoholic steatohepatitis terjadi akibat obesitas atau kelebihan berat badan.

Gejala Penyakit Fatty Liver

Sebenarnya orang yang menderita penyakit fatty liver jarang merasakan keluhan, hal ini karena lemak tertimbun berlangsung secara perlahan dan sedikit demi sedikit. Jika orang tersebut periksa ke dokter, periksa darah, kolesterol, billirubin, SGOT/SGPT atau pemeriksaan USG biasanya gejala baru diketahui. Tetapi jika Anda benar-benar jeli terkadang ada beberapa gejala yang mungkin terjadi seperti:

  • Pening atau kepala pusing

    Penyakit fatty liver membuat penderita merasakan kepala sering pusing bahkan pening yang sangat serius sekali, sehingga aktifitas sehari-hari menjadi terganggu.

  • Nyeri tumpul di perut kanan atas

    Sebenarnya nyeri yang dirasakan tersebut berasal dari hati akibat adanya gejala fatty liver. Nyeri yang akan dirasakan biasanya di bagian perut kanan atas karena letak hati memang adanya di bagian perit kanan atas.

  • Kulit dan skera mata berwarna kekuning-kuningan

    Jika mata Anda mengalami perubahan warna menjadi kekuning-kuningan maka segeralah periksa ke dokter, ini bisa saja menjadi salah satu gejala dari fatty liver.

  • Merasa tidak nyaman di bagian perut

    Hati merupakan salah satu organ penting yang ada didalam rongga perut. Jika kondisi hari kurang sehat maka dapat memicu timbulnya rasa tidak nyaman di bagian perut.

  • Perut terasa penuh

    Terjadi pembengkakan pada hari, sehingga ukuran dan berat hati menjadi lebih berat. Sehingga perut menjadi terasa lebih penuh akibat dari pembengkakan yang dialami tersebut.

  • Kulit perut menjadi terasa panas

    Orang yang mengidap penyakit fatty liver jika benar-benar jeli dengan apa yang dirasakan oleh tubuhnya pasti dia kan merasakan panas di bagian perutnya. Kondisi ini bisa terjadi karena keadaan lemak yang berlebih.

  • Mual, muntah dan perut kembung

    Perut akan terasa kembung, mual dan pasti ingin muntah juga adalah salah satu gejala dari fatty liver. Jika Anda merasakan gejala tersebut dan disertai dengan kondisi tubuh tidak normal seperti biasanya maka kenali gejala lain yang dirasakan.

  • Nafsu makan menurun

    Gejala yang satu ini sering dianggap sepele dan para penderita obesitas justru mereka senang karena berat badan menjadi berkurang. Akan tetapi Anda harus berhati-hati mungkin saja ini merupakan salah satu gejala fatty liver menyerang tubuh Anda.

  • Berat badan menurun

    Sering kali penyakit fatty liver dialami karena bahaya obesitas dan jika sudah terkena fatty liver maka berat badan akan menurun. Penurunan berat badan yang dialami ini jangan dianggap hal yang bisa karena bisa menjadi salah satu gejala Anda terkena penyakit fatty liver.

  • Merasa letih dan lemah

    Ketika kondisi tubuh yang sedang drop maka akan merasa lebih mudah lelah, tapi jika Anda terkena gejala penyakit fatty liver tidak lagi lelah bahkan letih dan lemah.

Perlu diketahui bahwa orang yang menderita diabetes, obesitas, trigliserida tinggi adalah orang-orang yang mudah terkena gejala dari penyakit fatty liver. Fatty liver ini bisa mengakibatkan hati menjadi kelebihan lemak, padahal seharusnya lemak dibuang dari tubuh. Jika seseorang dengan lemak yang berlebih maka tidak baik juga untuk kesehatan, termasuk lemak yang terdapat di hati. Selain itu hati kelebihan lemak juga tidak bisa untuk menyaring dan membersihkan aliran darah dengan baik. Kalau kondisi ini dibiarkan begitu saja maka racun lemak akan mempengaruhi aliran darah.

Baiklah sobat, begitulah gejala penyakit fatty liver yang harus Anda ketahui, waspadai, dan kalau bisa jangan sampai diabaikan. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Obat Fatty Liver

Penyebab Fatty Liver Di Indonesia

advertisement
Kenali Gejala Penyakit Fatty Liver Yang Berbahaya Sejak Dini | obatfattyliver | 4.5